Kamis, 10 Mei 2012

Gunakan SenjataNya!

Kehebatan sebuah negara biasanya bisa dilihat dari kehebatan senjata yang dimilikinya. Semakin hebat/ canggih senjatanya, maka bangsa itu terlihat semakin hebat. Itu sebabnya negara-negara bersaing untuk menciptakan senjata nuklir, rudal, dan senjata-senjata lain yang semakin canggih dan hebat. 

Dan tahukan Anda bahwa sebagai pengikut Yesus kita sudah diberi senjata yang super canggih?
Eph 6:11  “Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah...”
Eph 6:13  “Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah,...”
Senjata Allah adalah senjata yang sangat hebat, karena Allah kita hebat dan tak tertandingi.
Apakah kehebatan senjata Allah?
1. Supaya kamu dapat bertahan (ayat 11b)
2. Supaya kamu dapat mengadakan perlawanan (ayat 13)
3. Tetap berdiri, sesudah menyelesaikan segala sesuatu (ayat 13)
4. Memadamkan panah api dari si jahat (ayat 16)

Senjata itu sudah ada, kita tinggal ambil dan kenakan. Kenakan berarti pakai, gunakan.

Senjata hanya akan berfungsi jika dipakai. Jika ada seorang Jendral besar memberi saya sebuah senapan canggih, dia berkata “Linda, ini senapan paling canggih yang saya punya, saya berikan supaya kamu dapat gunakan untuk melindungi diri kamu jika ada yang berniat menjahati kamu.” Ketika ada orang jahat, lalu saya hanya melihat senjata itu tanpa saya gunakan, atau saya hanya memegangnya, maka senjata itu tidak akan berarti apa-apa. Atau mungkin karena saya tidak tahu cara menggunakannya, maka senapan itu saya hanya pakai untuk memukul penjahat, maka kehebatan senapan itu tidak akan terpakai.
Meskipun senapan itu adalah senjata yang hebat, tapi tidak akan saya rasakan kehebatannya karena tidak saya pakai/ gunakan dengan cara yang benar.

Senjata Allah sangat hebat, tapi kita tidak akan merasakan kehebatan senjata itu kalau tidak kita pakai dengan cara yang benar.
Setiap senjata punya cara pakai sendiri, cara pakai senjata panah berbeda dengan cara menggunakan pistol, lembing, nuklir, rudal, dll.
Begitu pula dengan senata Allah, jika kita baca di Efesus 6:14 dst, senjata Allah ada banyak macamnya, dan tentunya setiap senjata Allah itu mempunyai cara pakai yang berbeda.

Lalu bagaimana cara menggunakan senjata itu? Tanya dan belajarlah pada pencipta dan pemilik senjata, yaitu Allah. Kita harus terlatih menggunakan senjata dan untuk itu kita harus berlatih. Itu sebabnya Daud berkata, “Dari Daud. Terpujilah TUHAN, gunung batuku, yang mengajar tanganku untuk bertempur, dan jari-jariku untuk berperang; yang menjadi tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, kota bentengku dan penyelamatku, perisaiku dan tempat aku berlindung, yang menundukkan bangsa-bangsa ke bawah kuasaku!” (Mazmur 144:1, 2)
Allah memegang tangan kita, bahkan Dia sampai melatih jari-jari kita.

Lalu bagaimana Allah melatih kita? Inilah bangsa-bangsa yang dibiarkan TUHAN tinggal untuk mencobai orang Israel itu dengan perantaraan mereka, yakni semua orang Israel yang tidak mengenal perang Kanaan. --Maksudnya hanyalah, supaya keturunan-keturunan orang Israel yang tidak mengenal perang yang sudah-sudah, dilatih berperang oleh TUHAN." (Hakim 3:1,2)
Allah melatih kita melalui orang-orang yang ada di sekitar kita, melalui setiap peristiwa yang terjadi dalam hdup kita.

Setiap peristiwa mengandung unsur pelajaran yang sangat berarti dari Allah. Itu sebabnya kita jangan sekedar "mengalami", tapi "belajar" melaluinya.

Mari, teruslah berlatih agar kita cakap menggunakan senjata Allah yang hebat itu dan nikmatilah kemenangan yang sudah Allah janjikan bagi kita.__God bless!

Tidak ada komentar: