Minggu, 15 Februari 2009

Kuasa Doa

Yakobus 5:16b 
Doa mempunyai kuasa yang sangat besar karena kuasa doa adalah kuasa Ilahi. Doa mempunyai kuasa untuk menyembuhkan, memulihkan, melakukan mujizat dan apapun yang kita perlukan. Karena ketika kita berdoa maka kita sedang menggerakkan hati dan tangan Yang Mahakuasa untuk melakukan sesuatu. Namun doa yang bagaimanakah yang dapat menggerakkan tangan Allah yang Mahakuasa untuk melakukan sesuatu sebagai tanggapan dari doa itu? Banyak orang yang berdoa tapi dia tidak menikmati kuasa dari doa itu. Bagaimana caranya agar kita bisa menikmati kuasa doa itu?  


Dalam ayat ini ada 2 hal yang harus kita miliki agar doa kita biasa menikmati kuasa doa itu: 


1. Doa Orang Yang Benar. 
Untuk memiliki kuasa doa itu kita harus menjadi orang benar. Siapakah orang benar itu? bukankah tidak ada seorangpun yang benar di dunia ini? Orang benar adalah orang yang telah dibenarkan oleh darah Yesus dan setelah itu hidup dalam kebenaran (Firman Allah, Yoh 17:17) . Jadi seberapa besar kuasa doa itu kita nikmati tergantung dari seberapa banyak kebenaran Firman yang kita miliki. Semakin kita mencintai firman, semakin besar kuasa doa yang kita nikmati. 


2. Dengan Yakin Kita harus memiliki keyakinan/ kepercayaan. 
Yakin disini bukan yakin bahwa Allah akan melakukan apa yang kita inginkan, tapi yakin bahwa Allah akan mengerjakan yang terbaik sebagai tanggapan bagi doa kita. Sekalipun Allah tidak melakukan apa yang kita inginkan tapi kita yakin bahwa Allah mempunyai rencana yang lain yang lebih baik. Sebuah contoh pernyataan yang penuh keyakinan adalah seperti yang tertulis dalam Daniel 3:17,18 “Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.”
 
Mari cintai Firman Allah, baca, renungkan dan lakukan Firman Tuhan, lalu berdoalah dengan penuh keyakinan bahwa Allah akan menjawab yang terbaik, dan nikmati kuasa Doa itu.

Tidak ada komentar: