Minggu, 08 Februari 2009

Hidup dan Bertumbuh

Mazmur 92:13 “Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon


Orang benar dikatakan akan bertunas seperti pohon korma dan bertumbuh seperti pohon aras.Kedua pohon ini memiliki keunikan yang luar biasa untuk hidup, bertahan dan bertumbuh.


Pohon korma adalah jenis pohon yang hidup di daerah padang pasir yang sangat panas. Pohon ini memiliki akar yang sangat kuat, bahkan dapat menembus kedalaman sumber air di padang pasir. Tempat tandus bukanlah alasan baginya untuk tidak mendapatkan sumber kehidupan - yakni air yang selalu dibutuhkan. Sehingga tidak heran jika jenis pohon ini dapat bertahan hidup dan bertumbuh di tempat yang tandus dimana pohon-pohon lain tidak dapat hidup. Bagaimana dengan pohon aras? Adakah hal yang unik dan menarik dari pohon ini? Ternyata, pohon aras adalah jenis pohon yang biasanya tumbuh di puncak gunung yang sangat dingin. Meskipun sangat dingin, namun pohon ini dapat bertahan hidup. Seolah-olah temperatur dingin tidak berpengaruh terhadap pertumbuhannya. 


Kedua jenis pohon ini tidak terpengaruh dengan kondisi buruk yang ada di sekelilingnya.


Tidak salah, jika Firman Tuhan menggambarkan kehidupan orang Kristen - orang beriman - orang benar dengan kedua jenis pohon di atas. Orang benar tetap eksis meskipun menghadapi kondisi yang menurut penilaian umum sangat buruk dan di sana tidak ada tanda-tanda kehidupan. 


Orang benar, orang yang sudah percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya tidak akan gentar menghadapi segala kondisi yang menakutkan. Tetap eksis dalam segala kondisi, tetap beriman di tempat yang menakutkan Bagi orang beriman, tempat yang sulit sekalipun merupakan tempat yang menyenangkan untuk menyaksikan perbuatan Tuhan yang ajaib. 


Di mana ada penyertaan Tuhan, di situ orang benar menyaksikan kedahsyatan perbuatan Tuhan. Tempat kering dan dingin dapat berubah ketika Tuhan hadir dan menyatakan kuasaNya. Tempat yang tandus tidak berarti tidak ada kehidupan jika Tuhan menyertai._

Tidak ada komentar: